• Untuk mendapatkan deviden dari investasi sewa ruko, anda tidak bisa jika hanya sekedar bermodalkan uang saja. Pengetahuan tentang produk menjadi kunci utamanya.

    Bisnis Tidak Harus Punya Properti: Jenis Bisnis dan Baik Buruk Sewa Ruko

    Ruko atau yang sekarang lebih dikenal dengan rumah toko ialah bangunan-bangunan yang mempunyai tingkat 2 sampai 3 lantai atau lebih. Pada umumnya di antara atau seluruh lantainya dipakai sebagai tempat usaha, perkantoran (sifatnya sementara). Yang pada satu lantainya (biasanya pada lantai paling atas) dipakai untuk tempat tinggal.

    Ruko menjadi opsi yang paling menjanjikan. Saat ini tidak sedikit sekali orang yang memiiliki usaha bertempat di rumah toko atau ruko. Ruko termasuk kelompok properti komersial yang sekarang ini tidak sedikit diminati untuk di jadikan Bisnis Tabungan. Anda akan mempunyai peluang yang besar jika ruko yang ditawarkan mempunyai akses, lokasi dan harga yang terjangkau.

    Ruko sesuai untuk digunakan segala jenis usaha, laksana laundry, lokasi tinggal makan, usaha franchise, maupun lokasi tinggal makan. Sebab, wilayah tersebut pun dekat dengan lokasi dan kemudahan umum laksana sekolah, pabrik, dan permukiman penduduk. Pengamat properti dari Indonesia Property Watch, Ali Tranghanda, menyatakan, investasi ruko lebih sesuai untuk masa-masa jangka panjang. Karena ruko lebih menguntungkan jika akan dipasarkan kembali.

    Tidak sedikit pengembang properti yang telah menawarkan ruko-ruko unik di masing-masing wilayah. Bahkan di area kota-kota besar sampai kota-kota kecil.

    Inilah Keuntungan Investasi Ruko:

    • Harga yang sering kali meningkat
    • Lokasi dengan kunjungan pengunjung
    • Dapat dipakai sebagai usaha
    • Dapat dipakai sebagai tempat tinggal 

    Keuntungan prospek investasi ruko yang banyak menjadikannya sebagai opsi yang paling tepat. Hal yang sangat penting adalah, pastinya ruko akan dibangun di jalan utama yang strategis serta mempunyai trafik pengunjung yang bagus. Hal itu adalah salah satu kelebihan yang seringkali menambah harga jual tanah dan bangunan. Di samping itu, anda dapat menggunakannya sebagai lokasi usaha sekaligus tempat tinggal dan harganya juga terus meningkat. Se;ain itu Anda juga dapat menyewakan ruko tersebut, biasanya kebanyakan orang dapat mencari sewa ruko bulanan maupun tahunan.

    Lalu apa kerugian dari investasi properti ini?

    Pada dasarnya seluruh bisnis pasti mempunyai resiko. Investasi jadi tidak mendatangkan keuntungan bila anda salah memilih lokasi. Karena tempat adalah kunci utama dari suatu tabungan berbentuk tanah ataupun bangunan. Oleh sebab itulah pastikan tempat yang anda pilih itu strategis untuk berinvestasi. Kriteria tempat yang baik berada di wilayah yang sedang berkembang dan dikelilingi kompleks yang terus meningkat setiap tahunnya. Jadi, ruko yang kita kredit atau kita beli tidak hanya harus menjadi lokasi usaha Anda. Ini berlaku untuk orang yang lebih memilih deviden dari investasi daripada membina bisnis. Anda dapat menyewakan ruko itu dimana anda tahu bahwa masing-masing tahunnya harga sewa ruko pasti naik. Bahkan dapat menutupi harga kredit bulanannya.

    Pilihan Bagi Jual Beli

    Jual beli ruko ternyata paling menguntunkan. Harga yang naik dapat memberikan deviden 20 hingga 39% dari harga beli awal. Angka ini lebih banyak daripada deviden ruko yang disewakan yang angkanya melulu mencapai 5 hingga 10% saja. Dari segi waktupun terbilang lebih cepat, sebab peminat ruko lumayan sangat tinggi. Diketahui di Indonesia ini sekarang sedang marak pembangunan lokasi komersil.

    Sedangkan kelemahan investasi ini merupakan sifatnya yang terbilang rentan oleh krisis ekonomi. Jika hingga terjadi krisis, seringkali akan memprovokasi pada besarnya minat guna penyewaan. Walau begitu kekurangan tersebut dapat diminimalisir dengan tindakan pertama yaitu sebelum melakukan pembelian ruko harus dipastikan bahwa tempatnya itu strategis. Karena kunci utamanya adalah meraup deviden dalam bidang investasi ini.

    Produk investasi properti lainnya yang juga dapat dicoba guna mendapatkan keuntungan ialah dibidang apartemen. Meskipun nilai peminatnya jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan ruko sekarang ini, namun ada keunggulan yang dimilkinya yaitu fasilitas menjual kembali. Jika dilihat kembali, daripada sewa apartemen, beberapa orang akan lebih condong untuk membelinya. Karena harga sewa dan harga beli tidak terlampau besar, seringkali para investor dibidang ini mempunyai lebih dari sejumlah unit. Hal itu dijalani demi memperoleh hasil yang lebih banyak saat memasarkan kembali. Dan total deviden yang lebih besar diperoleh dari keseluruhannya. Nah opsi ini belum menyeluruh rasanya andai masih bertanya dan membandingkannya dengan jenis investasi rumah.

    Untuk kata aman, investasi rumah sangat cocok untuk pemula, sebab tingkat peminatnya lumayan stabil dan menjanjikan, sampai-sampai tidak terlalu susah untuk menjualnya kembali ataupun menyewakannya. Harga sewa maupun harga jual pun selalu naik tiap tahunnya. Namun kekurangannya ialah biaya pada maintanance-nya, sebab sitiap lokasi tinggal usahakan tetap dialiri listrik dan tidak jarang kali di kontrol sesering mungkin. Jadi para pemilik wajib untuk mengisikan listrik supaya ketika penyewa atau pembeli hendak melihatnya lokasi rumah sudah dalam suasana siap.

    Kesimpulan Berinvestasi Ruko

    Dengan pertimbangan harga yang terjangkau, tempat yang strategis di wilayah yang sedang berkembang, dan opsi ruko yang cocok kebutuhan, menjadi poin utama yang perlu kamu pertimbangkan untuk mengawali berwirausaha ataupun sebagai Investasi Ruko. 


  • Tinggal Bersama Mertua karena Membantu Usaha Ruko Mereka, Bagaimana Hukumnya?

    Berdasarkan keterangan hukum Indonesia, suami istri diwajibkan untuk memiliki rumah tinggal yang tetap yang ditentukan oleh suami istri secara barsama (lihat Pasal 32 UU No. 1 Tahun 1974 mengenai Perkawinan jo Pasal 78 Kompilasi Hukum Islam). Terutama untuk masyarakat yang beragama Islam, berlaku Kompilasi Hukum Islam yang menilai bahwa suami wajib meluangkan tempat kediaman untuk istri di mana tempat tinggal ini ialah tempat bermukim yang pantas untuk mengayomi istri dan anak-anaknya dari gangguan pihak lain, sampai-sampai mereka merasa aman dan tentram.

    Wajib hukumnya para suami untuk menyempurnakan tempat tinggalnya sendiri, hal ini tentu saja harus disesuaikan juga dengan kemampuannya serta dicocokkan dengan suasana lingkungan tempat tinggalnya, baik berupa alat perangkat rumah tangga maupun sarana penunjang yang lainnya (lihat Pasal 81 KHI). 

    Idealnya, pasangan suami istri sesudah menikah meninggalkan tempat tinggal orang tua untuk membina rumah tangganya sendiri. Akan tetapi, dalam praktiknya, banyak dalil maupun tentangan yang mengharuskan pasangan itu untuk tetap bermukim di tempat tinggal orang tua atau di tempat tinggal mertua (yang terkadang kita sebut sebagai “Pondok Mertua Indah”). Mungkin seperti halnya yang dirasakan oleh kawan anda sendiri yang kebetulan menumpang di tempat tinggal mertuanya (orang tua istri) untuk membantu usaha ruko-nya. 

    Sebenarnya, di samping hukum negara, di Indonesia juga masih berlaku hukum adat, contohnya adalah hukum adat Batak. Pada dasarnya, perkawinan menurut keterangan dari hukum adat Batak ialah “harga mempelai perempuan”. Perempuan diambil dari kelompoknya, tidak sebatas dari lingkungan tempat dia dilahirkan, dengan pembayaran sebanyak uang yang diamini bersama, atau dengan penyerahan benda berharga.

    Dengan teknik ini wanita dikeluarkan dari dominasi kerabat lelakinya yang terdekat (misal: ayahnya). Sehingga wanita yang dinikahi akan hidup jauh dari tempat tinggal orang tuanya untuk bermukim di tempat tinggal suaminya. Akan tetapi, pada kenyataannya banyak sekali terjadi bahwa pihak suami pada akhirnya sesudah menikah untuk menumpang di tempat tinggal mertua yaitu orang tua istri. 

    Berdasarkan keterangan dari hukum adat Batak menumpang pada mertua ini dinamakan Marsonduk Hela. J.C. Vergouwen dalam bukunya “Masyarakat dan Hukum Adat Batak Toba” (halaman 283) menyatakan bahwa dalam format perkawinan yang menumpang pada mertua ini, seorang menantu bermukim di tempat tinggal mertuanya dan menantu ini disonduk (diberi makan). Bentuk perkawinan ini jarang sekali terjadi. Apa yang menjadi penyebab terkadang ialah bapak si pemuda tersebut miskin dan tidak memiliki lumayan syarat untuk mengemban biaya perkawinan. 

    Selain itu Vergouwen pun menuliskan bahwa ada menantu yang menumpang pada mertua karena keluarganya membutuhkan bantuan tenaga, contohnya karena tidak sedikit anak kecil yang masih terlampau muda di rumah untuk dapat membantu dalam pekerjaan. Namun, lebih jauh Vergouwen mengatakan, motif dari hubungan menumpang seperti ini tidak selalu disebabkan karena salah satu pihak termasuk orang tidak punya, juga bukan karena tidak membutuhkan tenaga orang lain, namun mungkin sebab dari kasih sayang seorang ayah yang terlampau dalam untuk puteri satu-satunya dan tidak ingin berpisah darinya; dalam permasalahan seperti ini si pemuda pada umumnya bercita-cita akan menemukan harta bawaan yang lumayan. Oleh sebab itu, suasana hidup menumpang tidak bakal berjalan lama sebab ia akan tidak jarang kali diremehkan oleh tetangga. 


  • Amarah, kekecewaan, keputusasaan, stres, kebencian dan yang berkepanjangan merupakan format emosi berlebihan dari seseorang. Penyebabnya ialah karena ekspektasi terhadap sauatu yang tidak menjadi sebuah kenyataan.

    Akibatnya emosi itu tidak pandang bulu untuk menyerang siapapun yang tergolong sebagai seorang pemimpin. Ketika semua tersebut terjadi, positive enerji yang dipunyai oleh seorang pemimpin menjadi seolah tidak berdaya.

    Menjadi Pemimpin Itu Harus Dalam Pandai Mengontrol Emosi: Ini Dia Tipsnya

     

    Artinya enerji negative yang menjadi paling mendominasi perilakunya. Kalau telah begitu tidak hanya pemimpin yang merana akan tetapi dapat mengganggu kepada lingkungan kerjanya yaitu para karyawannya. Termasuk judged klien kerjanya seperti konsumen, pelanggan, dan partner bisnis. 

    Jenis emosi pemimpin tidaklah selalu sama tergantun dari akar yang mengakibatkan pemimpin tersebut menjadi emosi. Misalnya amarah yang meledak asalkan bisa memotivasi orang-orang di sekitar untuk bekerja lebih giat lagi.

    Apalagi bila kemarahan pemimpin terjadi karena hal atau kelalaian karyawan dalam bekerja. Jadi kemarahan pemimpin blood penting dalam suatu keadaan, suatu keputusan yang haru segera dan darurau untuk diambil. Sementara itu, bila kekecewaan, keputusasaan, stres, dan kebencian tidak sedikit yang merugikan diri blood pemimpin itu dan tentu saja bawahannya.

    Misalnya sebab ketidakpastiaan dan ketidak-taatan suatu kepandaian yang diciptakan oleh atasan dapat menimbulkan jenis-jenis emosi tersebut di atas. Kalau tidak dapat diatasi, akan terjadi gejala demotivasi. Yang dapat terjadi pada diri pemimpin maupun bawahannya. Lalu bagaimana sebaiknya ? 

    Untuk mengelola emosi, ada beberapa tips yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin: 

    1. Melakukan pemahaman diri mengenai untung ruginya sebuah emosi. Ada dua yang biasanya muncul di saat emosi itu terjadi. Pertama, karyawan bakal berespon untuk berempati kepada sang pemimpin.

    Dengan demikian pemimpin akan mengupayakan suatu pengendalikan diri. Yang kedua ialah lingkungan yang tidak merespon, lagi pula kalau emosi terjadi dalam jangka yang tidak pendek. Ditambah lagi pemimpin sendiri tidak menggubris masukan-masukan dari para bawahannya. 

    2. Melakukan penilaian mengapa emosi tersebut terjadi dan apa akibat-akibat yang nantinya akan muncul. Yang jelas bila dibiarkan, emosi bisa menghambat atau bahkan membelokkan pemimpin manjadi jauh dari arah yang baik dan benar. 

    3. Secara bertahap pemimpin perlu mengerjakan perbaikan dalam hal teknik berpikir, mengendalikan perasaan, teknik berinteraksi dengan orang yang beda dan mempunyai sifat gigih untuk mengembangkan kinerja terbaiknya. 

    4. pemimpin tidak segan-segan untuk berkomunikasi dalam berbagai arah dalam rangka mendinginkan diri dan jiwanya. Dengan empati dan simpati yang diterima dari lingkungan kerjanya, pemimpin diinginkan dapat mengambil suatu keputusan terbaik meski dalam situasi sesulit apapun. Tentunya tanpa kekhawatiran dan keraguan secara berlebihan. 

    Sebagai seorang pemimpin, pemimpin tentu saja tidak mengkoordinasi dan menunjuk para karyawannya dengan baik saat ia sendiri dalam situasi yang sedang labil emosinya. Dengan kata lain dapat dikatakan sang pemimpinlah yang perlu dipandu untuk menjadi normal kembali.

    Karena hal tersebut idealnya, seorang pemimpin haruslah dapat mengkalkulasi akibat-akibat yang akan terjadi dari situasi emosi yang berlebihan. Dalam urusan ini pengobatan untuk menanggulangi emosi tersebut haruslah datang dari diri pemimpin itu sendiri.

    Dan mesti belajar secara berulang-ulang. Seorang pemimpin harus dapat menahan kesabaran yang menumpuk yang dapat menghabiskan enerjinya sendiri. Disinilah pemimpin dengan enerji dan pemikiran positif pastinya dapat membangun hasrat untuk berubah menjadi lebih baik, tentu saja dengan didukung oleh ketenangan jiwanya. 


  • Kode Pos Jakarta Pusat 

    Jakarta Pusat, seperti namanya yang sedang berada di pusat atau di tengah-tengah wilayah Daerah Ibu Kota Jakarta. Jakarta Pusat sendiri mempunyai delapan kecamatan yang memiliki masing-masing nomor kode posnya sendiri, berikut ini adalah nomor kode pos Jakarta Pusat. 

    Daftar Kode Pos Yang Paling Banyak Dicari di Area Jakarta Pusat

    Urutan kelurahan dan kode pos di atas hanya beberapa saja dari total kelurahan yang ada di Jakarta Pusat. Dan yang sangat penting adalah jangan sampai anda tidak sempat untuk mencantumkan kode pos Jakarta Pusat ketika anda akan mengirim barang, surat, atau paket, agar paket yang anda kirim cepat sampai dan tidak menyusahkan petugas. 

    Kita semua tahu bagaimana pentingnya pencantuman kode pos (bahasa inggris: zip code) pada alamat surat. Kode pos selalu digunakan oleh para jasa kurir ( contohnya: PT. Pos Indonesia) untuk memahami letak alamat surat atau barang yang dituju. Setiap kode pos seringkali mewakili 1 (satu) kelurahan.

    Pencantuman kode pos ini sangat penting untuk menolong petugas kurir mencari alamat yang dituju. Oleh karena itu sudah seharusnya kita menyematkan kode pos dengan baik dan benar pada alamat surat yang akan kita kirim. 

    Ada cerita seseorang yang melakukan pembelian secara online, paket yang di tunggu ternyata jauh tersasar sebab pihak pengirim salah menyebutkan alamat. Alamat yang seharusnya kecamatan Taman di Kota Madiun, dan ternyata pihak pengirim menyematkan kota Sidoarjo.

    Untungnya sang pengiriman tersebut memberikan nomor resi paket kepada penerima. Begitu pembeli menerima nomor resi pengiriman, lalu memeriksa dan kedapatan adanya kesalahan penulisan alamat. Langsung saja dia konfirmasi ke pengirim dan dapat syukurnya bisa lebih cepat teratasi. 

    Sekarang ini Paket PT. Pos sudah mulai terpinggirkan karena banyaknya pertimbangan. Jasa paket swasta lebih dipilih oleh para pelaku usaha untuk melancarkan usahanya. Akan tetapi penggunaan kode pos tidak akan tersingkir begitu saja, karena kode pos bukanlah kepunyaan dan hak dari PT. Po situ sendiri.

    Pembagian kode pos sangatlah membantu para pelaku usaha sebab tanpa kode pos, bisa saja paket jadi salah alamat. Persamaan nama kota, wilayah itu paling banyak, bandingkan saja, hanya berbeda satu huruf saja bisa jadi paket menjadi jauh dari lokasi yang seharusnya. Bandung dengan Badung, dan tidak sedikit lagi. Belum lagi di Jawa Tengah nama Karanganyar sangat tidak sedikit mulai desa sampai kabupaten. 

    Kode pos pastinya lebih sederhana, sebab kode pos hanya lima digit pasti lebih gampang dan risiko kekeliruan ketik atau tulis lebih rendah. Berbeda jika kita salah menuliskan kecamatan ataupun kelurahan. 

    Menuliskan alamat, tanpa terdapat nama kota sampai provinsi, akan tetapi dengan adanya kode pos tentu akan sampai. Hal ini sangatlah penting untuk jasa pengiriman. Kesalahan pengiriman yang disebabkan oleh kesamaan nama wilayah tentu akan merugikan satu pihak saja, melainkan dari pihak pengirim, pembeli, dan nama penjual dapat tercoreng. 


  • Kisah ini terjadi dan dirasakan oleh seseorang yang mempunyai nama Mahmud, tadinya dia ingin membelian rumah RSS (Rumah Sangat Sederhana) seluas 92 meter persegi. Setelah penyerahan kunci dari pengembangnya pastinya dia ingin segera menempatinya. Akan tetapi rumah yang dia beli hanya memiliki satu ruang kamar tidur.

    Kisah Orang yang Bisa Memiliki Rumah Karena Sedekah

     Sedangkan dua anaknya sudah mulai beranjak dewasa. Karena situasi demikian, sudah seharusnya dia bersabar menghadapi kenyataan ini. Sedikit demi sedikit dia mengumpulkan dana untuk membangun kamar lagi di tanah sisa yang dia miliki sekarang. 

    Dengan gaji yang pas-pasan, beliau juga harus membayar angsuran rumah kepada bank, keinginan belau hanyalah menjadi sebatas rencana. Setiap kali Mahmud menengok rumahnya, hatinya selalu berubah menjadi risau.

    Dia menyaksikan rumah tetangga yang sebelah kiri dan kanan telah mulai ditempati dan selalu terlihat anak-anak kecil ramai bermain dijalanan perumahan. Pada saat-saat risau hatinya itu, tiba-tiba ada seseorang yang datang menyapa beliau. ”Kapan rumahnya akan ditempati Pak?” "Entahlah.

    Menunggu saya selesai menambahkan ruangan di tanah yang masih tersisa. Kebetulan anak saya banyak, Pak” Jawab Mahmud. Orang tersebut yang tidak lain ialah seorang guru, berbicara lagi. ”Jika memang masih lama Bapak Menempatinya, bagaimana jika dimanfaatkan saja dulu pak?” "Dimanfaatkan untuk apa?” Tanya Mahmud. ”Dikontrakkan saja” sambut guru tersebut. 

    “Saya pun mau kok untuk menyewakannya” balas Mahmud. "Bukankah Bapak telah punya rumah lagi kan?, untuk apalagi Pak?” Orang tersebut lantas menceritakan keinginannya untuk menyewa rumah Mahmud.

    Tujuannya adalah untuk menampung anak-anak di dekat perumahan dan di ajari mengaji Al-Qur’an. Mendengar uraian tersebut, dengan senang hati Mahmud menyetujuinya. Bahkan karena akan dimanfaatkan untuk keperluan tersebut maka tidak perlu disewa. “Dipakai saja Pak Guru.

    Tidak harus disewa. Tapi andai jika nanti saya memiliki dana untuk merenovasinya dan saya tempati kembali, pastinya anak-anak harus mencari lagi lokasi yang lain. Akhirnya rumah Mahmud itu digunakan untuk belajar mengaji. Bahkan digunakan juga untuk shalat berjamaah para penduduk yang tinggal disekitar rumah itu.  

    Suatu waktu Mahmud menyambangi rumahnya kembali. Ia bertemu dengan sejumlah orang disana, mereka semua merupakan guru ngaji. Dia berkata.”Doakan saya dapat melakukan pembelian rumah Pak. Insha Allah rumah ini nantinya akan saya sedekahkan untuk kebutuhan mengaji dan musholla” Ujar Mahmud. Rupanya ucapan Mahmud tersebut dikabulkan oleh Allah SWT.

    Dalam kurun waktu tiga bulan, Mahmud sudah dapat membeli rumah baru di lokasi lain yang ukurannya dua kali lipat dari rumah RSSnya dan bahkan rumahnya yang ini jauh lebih mewah. Dia kemudian mengunjungi para guru ngaji di rumah lamanya dan tidak lama Mahmud langsung mewakafkan lokasi tinggal RSSnya.

    Orang-orang disekitar rumahnya kemudian menyusun takmir untuk musholla. Dari tahun ke tahun kapling di sebelah kanan dan kiri musholla sukses dibeli oleh para pengurus Musholla dan kini musholla tersebut telah menjadi masjid yang berdiri megah. 

    Takmir di masjid sepakat untuk memberi nama mesjid tersebut dengan nama Baitul Mahmud. Kondisi perekonomian Mahmud semakin maju, beliau semakin kaya, Anak-anaknya berhasil memiliki karier di tempat kerjanya masing-masing, anak pertama Mahmud menjadi salah satu pejabat yang penting di Amerika Serikat. 

    Sekelumit cerita sedekah yang dilakukan oleh Mahmud, orang sederhana yang memiliki hati yang bersih dan berani mengambil keputusan yang tepat yaitu mengikhlaskan rumahnya untuk dijadikan tempat untuk belajar mengaji merupakan amal dan sangat jarang sekali orang yang berani mengambil keputusan seperti itu. 





    Follow this section's article RSS flux
    Follow this section's comments RSS flux